Liga Arab tolak campur tangan Iran

Senin, 16 April 2018 18:34

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Sumber foto: https://bit.ly/2qA9TZh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Sumber foto: https://bit.ly/2qA9TZh

Para pemimpin negara-negara anggota Liga Arab mengakhiri KTT ke-29, Minggu, dengan mengeluarkan Deklarasi Dhahran yang menolak campur tangan Iran dalam urusan dalam negeri negara-negara Arab.

Iran juga dituntut untuk menarik milisi-milisi dan elemen-elemen bersenjata yang didukungnya dari semua negara Arab, khususnya Suriah dan Yaman, demikian isi Deklarasi Dhahran yang diperoleh di Al Khobar, Senin.

Dalam KTT yang dipimpin Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud itu, para pemimpin Liga Arab mengutuk aksi agresif Iran dalam apa yang disebut mereka sebagai mengganggu stabilitas keamanan dengan mendukung dan mempersenjata milisi-milisi teroris di sejumlah negara Arab.

Tindakan Terheran itu dipandang para pemimpin dan ketua delegasi Liga Arab yang hadir sebagai "melanggar prinsip-prinsip bertetangga yang baik, aturan hubungan antarbangsa, prinsip-prinsip hukum internasional, dan Piagam PBB."

Dalam bagian lain Deklarasi Dhahran ini, Liga Arab juga mengutuk keras serangan 119 misil balistik misili Houthi yang didukung Iran terhadap kota-kota di Arab Saudi, termasuk Mekah dan Riyadh.(Ant)

REDAKSI-ANK

Baca Juga

Komentar