Wali Kota Medan minta OPD fokus kerja

Rabu, 14 Februari 2018 19:16

Foto: Prasetyo. Foto: Prasetyo.

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, MSi meminta seluruh Operasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyusun langkah-langkah strategis guna melaksanakan tugas-tugas pendapatan daerah dan belanja daerah agar realisasinya selaras dengan APBD yang sudah ditetapkan. 

Hal tersebut disampaikannya Dzulmi Eldin dalam Rapat Kerja Pelaksanaan Program dan Kegiatan Pembangunan Kota Tahun 2018 pada Rabu (14/2)  di Hotel Grand Aston Medan.

Lebih lanjut, Dzulmi Eldin mengatakan jika target pendapatan daerah tidak tercapai, maka belanja daerah akan sangat terganggu karena pendanaannya tidak mencukupi.  

“Tugas pokok OPD melaksanakan APBD secara optimal sesuai dengan tupoksi masing-masing sehingga masyarakat mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari pembangunan kota yang diselenggarakan,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Prasetyo, Rabu (14/2).

Rapat yang juga dihadiri Wakil Wali kota Medan Ir. H. Akhar Nasution MSi, Sekda Kota Medan Ir. H. Syaiful Bahri Lubis, asisten, pimpinan OPD, kepala bagian, camat, lurah dan UPT, Dzulmi Eldin juga berharap agar rapat tersebut dapat membangun koordinasi yang baik untuk menyusun langkah-langkah strategis pelaksanakan program maupun kegiatan tahun 2018 agar sesuai yang direncanakan.

Selain itu, penilaian Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) saat ini juga  tidak akan semuda sebelumnya. Kedepan, penilaian harus berdasarkan hasil capaian kinerja yang telah dilakukan. 

“Apabila tidak memenuhi capaian kinerja, maka harus dievaluasi karena ini sesuai dengan fakta integritas yang telah saudara tandatangani pada saat pegambilan sumpah jabatan,” tegasnya.

Ada beberapa hal yang dikritisi terkait hasil kerja pembangunan yang belum maksimal dan perlu dilakukan langkah-langkah kongkrit. Selain bidang pendidikan sebagai faktor penentu keberhasilan pembangunan, Wali kota juga menyoroti tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan bagi rumah sakit pemerintah, termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama (puskesmas) yang dinilai belum memenuhi standard.

Untuk itu, Dzulmi Eldin menegaskan agar seluruh jajarannya terus meningkatkan kinerja dan selalu menggunakan hati nurani. Kemudian membangun komunikasi timbal balik yang sehat di tengah-tengah masyarakat serta selalu menyapa masyarakat secara langsung.

REDAKSI-SIK

Baca Juga

Komentar