Mahasiswa aksi aksi peduli guru Ahmad Budi Cahyanto

Kamis, 08 Februari 2018 20:17

Foto: El Aris. Foto: El Aris.

Bacaan Surat Yasin menggema di Sasana Budaya Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, Kamis (8/2).

Itulah salah satu bentuk kegiatan yang dikemas Fakultas Sastra UM dalam aksi keprihatinan dan doa bersama untuk guru Ahmad Budi Cahyanto, guru honorer di SMAN 1, Sampang, Madura, yang meninggal karena tindak kekerasan yang dilakukan siswa didiknya.

Dalam aksi keprihatinan dan doa tersebut Universitas Negeri Malang (UM)  dimana Ahmad Budi Cahyanto sebagai alumni dari Fakultas Sastra lulusan 2015 mengeluarkan 4 pernyataan. Salah satunya adalah UM mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mengeluarkan peraturan tentang perlindungan dan profesi guru.

Syamsul Hadi, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UM menyatakan aksi yang digelar tersebut merupakan salah satu bentuk keprihatinan atas apa yang menimpa guru Budi.

“UM selaku institusi sangat berduka akan aksi yang menimpa salah satu alumni UM dan fenomena ini adalah yang sangat menyedihkan dalam dunia pendidikan karena guru adalah sosok yang harus diagungkan anak didiknya namun kasus di Sampang menjadi fenomena dimana sudah begitu jauh anak didik akan formatnya pada guru,“ ujarnya seperti dilaporkan Kontributor elshinta, El Aris, Kamis (8/2).

Dengan kejadian ini ia berharap akan menjadi persoalan bersama yang harus dipecahkan utamanya dunia pendidikan.

"Kasus sampang bukan persoalan sepele karena belajar menghormati guru dapat sebagai sebuah kesadaran menghormati dunia pendidikan,” jelasnya.

Untuk itulah UM akan terus mendorong perlindungan terhadap profesi guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya jangan sampai kasus kematian guru honorer yang baru 4 bulan mengajar tejadi lagi dimasa mendatang.

“Ini harus dan wajib menjadi perhatian karena saat ini terjadi dekadensi kepercayaan guru dalam menjalankan profesinya dan kita meminta pada penegak hukum yang menangani kasus ini untuk bersikap secara serius karena diharapkan dapat menjadi pembelajaran,” tandasnya .

Dalam acara ini selain doa bersama juga di isi pembacaan puisi serta permainan biola dan pemutaran lagu ciptaan almarhum Ahmad budi cahyanto disamping penggalangan dana yang akan dibagikan ke semua civitas akademika UM dan akan diserahkan pada pihak keluarga.

REDAKSI-SIK

Baca Juga

Komentar