Polisi tangkap pelaku pembalakan liar di hutan Bojonegoro

Selasa, 23 Januari 2018 20:56

Pencurian kayu. Foto: Andik Setyobudi/Radio Elshinta. Pencurian kayu. Foto: Andik Setyobudi/Radio Elshinta.

Sat Reskrim Polres Bojonegoro, menangkap seorang pelaku pembalakan liar di hutan Desa Ngunut, Kecamatan Dander dan Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur. 

Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan, pelaku pencurian di hutan Desa Ngunut dander berinisial YS (33), warga Desa Cancung, Kecamatan Bubulan.

Pelaku diamankan petugas saat memotong pohon jati di tengah hutan

penangkapan pelaku berdasaran laporan masyarakat sekitar yang melihat pelaku masuk ke hutan dengan membawa sejumlah alat pemotong kayu, diantaranya senso, kapak, dan parang.

Mendapat laporan tersebut, anggota Reskrim langsung melakukan penyelidikan di dalam hutan jati milik KPH Bojonegoro dan ternyata benar pelaku sedang melakukan penebangan kayu jati, sehingga polisi langsung melakukan penangkapan.

"Kayu jati yang sudah di tebang disimpan dirumah pelaku, pelaku langsung diamankan di Mapolres Bojonegoro," kata Wahyu seperti dilaporkan Kontributor elshinta, Andik Setyobudi, Selasa (23/1). 

Sementara itu, kasus ilegal logging lainnya juga terjadi di Jalan Raya Nganjuk-Bojonegoro, tepatnya di Dusun Grogol, Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Bojonegoro.

Polisi hutan (polhut) menangkap SN (46), yang mengangkut batangan pohon jati dengan truk.

SN warga Dusun Dodol, Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, diamankan polisi berikut barang bukti 48 batang pohon jati berbagai ukuran .

Dijelaskan kapolres,Tersangka merupakan sopir, dan diminta untuk mengemudikan truk bermuatan kayu jati illegal milik SM warga Desa Pajeng. SM sendiri saat ini di tetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO) krn melarikan diri

Dijelaskan Wahyu, dari pengakuan 2 pelaku, mereka baru sekali melakukan pencurian kayu jati. Namun polisi tidak percaya begitu saja, kerana diduga pelaku sudah sering melakukan tindakan pencurian kayu jati

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 12 huruf d dan e Juncto Pasal 83 ayat 1 huruf a dan b UU RI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara. 

REDAKSI-SIK

Baca Juga

Komentar