Tahun Kesehatan dan Kebersihan HKBP Jatiasih Bekasi resmi dibuka

Senin, 22 Januari 2018 21:07

Foto: Eko Purnomo. Foto: Eko Purnomo.

Ribuan jemaat HKBP Distrik XIX Bekasi, menggelar ibadah Tahun Kesehatan dan Kebersihan dalam Lingkungan Hidup. Acara ini dihadiri sedikitnya 30 perwakilan gereja se-Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Ketua Pelaksana, Gabarius Simbolon, pencanangan tahun kesehatan dan kebersihan dalam lingkungan hidup merupakan program ketiga kegiatan HKBP di bawah Pucuk pimpinan HKBP Pdt Dr Darwin Lumban Tobing.

"Pencanangan ini merupakan ajakan kepada seluruh jemaat HKBP untuk menjadi keluarga jemaat yang sehat, bersih dalam lingkungan hidupnya dan peduli dengan keadaan lingkungan hidup sekitarnya," kata Gabarius seperti dilaporkan Kontributor elshinta, Eko Purnomo. 

Untuk mensukseskan program tersebut, sambung dia, seluruh jemaat HKBP akan mengumpulkan dan menyumbangkan "satu juta liter darah" dari HKBP ke pemerintah melalui Palang Merah Indonesia yang tersebar di seluruh daerah. Hal ini dirasa perlu, mengingat tingginya tingkat permintaan darah di Indonesia, sementara yang mendonasi masih rendah. 

"Program ini tentunya adalah program yang Iuhur dan mulia yang patut disambut didukung oleh seluruh jemaat HKBP yang tersebar di seantero nusantara ini," jelasnya. 

Sementara itu, Ephoros HKBP,  Darwin Lumban Tobing yang secara langsung meresmikan program Tahun Kesehatan dan Kebersihan ini, meminta para pimpinan dan majelis gereja untuk berperan dalam isu lingkungan hidup. Apalagi, persoalan lingkungan hidup yang ada saat ini masih lebih besar dibanding upaya dalam mencegahnya. 

"Masyarakat berkewajiban mendorong dan membantu pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan," ujar Darwin. 

Dijelaskannya, contoh kecil masalah lingkungan yang terjadi bertahun-tahun dan tidak terselesaikan yakni persoalan banjir. Salah satu penyebabnya adalah perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan tanpa merasa berdosa. 

"Kita semua wajib ikut serta untuk mewujudkan kesehatan lingkungan. Mewujudkan lingkungan yang sehat bukan kewajiban perorangan, institusi pemerintah atau swasta, tapi kita semua harus bergerak mewujudkannya," tegasnya. 

Hadir juga dalam acara Pareses Distrik IXI, B. Siburian, Pendeta Resort Jatiasih, Jason Simanjuntak, serta Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi, H Abdilah Amta. Kegiatan dimeriahkan juga dengan kegiatan sosial, donor darah, penanaman pohon dan pentas sejumlah kesenian khas Suku Batak. 

REDAKSI-SIK

Baca Juga

Komentar