2 janda miskin penerima PKH tak pernah terima bantuan

Selasa, 16 Januari 2018 16:07

Asna dan Sunarti didampingi Ketua DPD JPKP Deli Serdang, M. Reza Fahlevy saat Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang mempertanyakan bantuan PKH yang tidak mereka dapatkan. Sumber foto: Prasetyo/Radio Elshinta Asna dan Sunarti didampingi Ketua DPD JPKP Deli Serdang, M. Reza Fahlevy saat Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang mempertanyakan bantuan PKH yang tidak mereka dapatkan. Sumber foto: Prasetyo/Radio Elshinta

Asna dan Sunarti Gultom, warga Jalan Sosial, Desa Tanjung Anom, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara merupakan dua orang janda miskin yang baru diketahui sudah terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) namun tidak satu bantuanpun yang mereka terima hingga saat ini.

Awalnya hal tersebut terungkap ketika keduanya didampingi Dewan Pengurus Daerah (DPD) Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Deli Serdang mendatangi Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang pada Senin (15/1) kemarin untuk mempertanyakan sebab Asna dan Sunarti belum pernah mendapat bantuan.

Saat dimintai verifikasi terkait hal itu, seorang pegawai di Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang, Parlaguatan Nasution langsung memeriksa database penerima PKH. Alhasil didapati kedua nama tersebut sudah tercatat sebagai penerima PKH.

"Nama ibu ini sudah terdaftar dalam sistem pak," terangnya, seperti dilaprkan Kontributor Elshinta, Prasetyo, Selasa (16/1).

Pihaknya juga menerangkan bahwa dengan kedua nama tersebut akan di data ulang agar kedua nama tersebut dapat menerima bantuan PKH dari pemerintah.

Mendapati jawaban seperti itu, Ketua DPD JPKP Deli Serdang, M. Reza Fahlevy kecewa, karena selama ini Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang yang berada diwilayah Desa Tanjung Anom tidak responsif terhadap warganya yang tergolong kategori warga miskin, tetapi bantuan terhadap mereka tidak disalurkan.

"Ada apa ini. Nama sudah tercatat sebagai penerima, lalu bantuannya mana. Siapa yang menerima. Kalau kami tidak mengecek langsung ke Dinas Sosial sampai berapa lama bantuan itu dibiarkan begitu saja dan diterima oleh yang bukan berhak menerimanya," ujarnya.

Memang disebut Reza, Kabupaten Deli Serdang adalah daerah yang perlu terus diawasi penyelenggaraan pemerintahannya, karena banyak bantuan program yang dikucurkan oleh pemerintah tetapi tidak tepat sasaran dan kurang bijak untuk penyelenggaraannya.

Reza juga berpesan, agar pemerintah baik di level atas hingga bawah harus menjaga agar bantuan-bantuan untuk orang miskin tepat sasaran, dan sampai kepada orang-orang yang seharusnya menerima, bukan kepada orang-orang yang dekat kepada pejabat atau aparatur pemerintah.

REDAKSI-ANK

Baca Juga

Komentar