Tips Hemat Bikin Foto Pre-Wedding  Super Romantis Sendiri

Jumat, 12 Januari 2018 16:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/tips-hemat-bikin-foto-pre-wedding-super-romantis-sendiri courtesy https://www.cermati.com/artikel/tips-hemat-bikin-foto-pre-wedding-super-romantis-sendiri

Saat ini berbagai konsep untuk sebuah foto pre-wedding sudah banyak bermunculan, jika dulunya sebuah tema foto pre-wedding hanya terbatas pada konsep yang bertema klasik seperti di negeri dongeng. Sekarang berbagai foto pre-wedding dengan tema yang unik pun telah banyak muncul, bahkan telah menjadi tren saat ini.

Coba tengok saja foto pre-wedding pasangan selebritis Raisa Andriana dan Hamish Daud yang mengusung konsep “domestic couple”, menggambarkan kehidupan sederhana dan romantis sebuah rumah tangga.

Lebih uniknya lagi, telah banyak pasangan yang benar-benar merencanakan konsep foto pre-wedding mereka sendiri, tanpa bantuan sebuah agensi atau wedding organizer.  Semua dilakukan secara sendiri, mulai dari peralatan dan perlengkapannya, lokasi dan prosesnya secara keseluruhan.

Sulit dan merepotkan? Tentu saja. Tapi keuntungannya adalah, budget yang akan dikeluarkan pun semakin sedikit. Selain itu, dengan melakukan sesi foto pre-wedding sendiri, adalah kebebasan dalam menentukan tema yang diinginkan dan melakukannya dimanapun kamu dan pasangan inginkan.

Baca Juga: Lokasi Pre-Wedding di Jakarta yang Gratis dan Berbayar

Membuat Foto Pre-Wedding Unik dan Romantis Sendiri? Siapa Takut!

Berbeda dengan menggunakan jasa sebuah agensi atau wedding organizer yang biasanya hanya akan menawarkan tema yang sesuai dengan properti yang dimiliki, dan lokasi yang harus mudah diakses oleh banyak orang. Semakin sulit lokasi yang harus di kunjungi maka semakin banyak juga uang yang harus dikeluarkan.

Ingin memiliki foto pre-wedding yang berkesan, sesuai dengan keinginan tapi tetap hemat? Sebelum masuk ke tipsnya, ada tiga hal wajib yang sebelumnya harus dipersiapkan berikut ini:

1. Alat Fotografi

Alat Fotografi
Alat Fotografi

Barang-barang yang wajib dibawa ketika akan melakukan sebuah sesi pemotretan foto pre-wedding:

  • Kamera (Pilih kamera yang levelnya semi-professional seperti DSLR atau Mirrorless agar hasilnya tetap bagus + memory card + baterai kamera cadangan)
  • Tripod
  • Filter
  • Reflector (Pilih yang standar saja)
  • Flash (pilih yang standar saja)

Jika tidak punya kamu bisa menyewanya kok, saat ini tempat penyewaan peralatan fotografi telah banyak tersebar. Jadi tidak perlu khawatir, bahkan ada yang bisa diakses secara online.

2. Pilih Lokasi

Tentukan Lokasi
Tentukan Lokasi

Kamu dan pasangan tentu harus mencari sendiri lokasi yang cocok untuk tempat pengambilan foto pre-wedding yang sesuai dengan tema yang diinginkan sendiri, tidak sulit kok. Kamu dan pasangan bisa mencari sendiri dengan internet dan pilih yang biasa di rekomendasikan. Ini penting, karena biasanya tempat yang memang direkomendasikan artinya tingkat keamanan dan aksesnya pun mudah. Bagaimanapun utamakan keselamatan diri terlebih dahulu.

Nah, cermati telah mengumpulkan beberapa tempat yang bisa dikunjungi sebagai lokasi untuk foto pre-wedding hemat, baik di dalam negeri dan di luar negeri berikut ini:

Pattaya, Thailand

Thailand memang telah menjadi rumah untuk para backpacker traveller. Dikenal sebagai negara dengan berbagai tempat wisata yang ramah kantong, Thailand pun juga dikenal dengan pantainya yang indah. Jika kamu dan pasangan ingin melakukan sesi foto pre-wedd sekaligus liburan, pantai Pattaya bisa dijadikan pilihan.

Kamu dan pasangan bisa mendapatkan panaroma laut Pattaya yang super indah pada siang hari dan suasana yang romantis untuk di tampilkan di dalam foto pre-wedding kamu pada malam hari karena Pattaya terkenal dengan resor-resor pantainya yang Indah.

Hue, Vietnam

Jika mengingkan suasana yang tenang tapi tetap terlihat romantis dan indah, bisa datang ke Hue, Vietnam. Kota yang tidak jauh dari ibu kota negara Vietnam Hanoi ini memiliki banyak tempat bersejarah yang akan membuat hasil foto pre-wedding kamu dan pasangan terkesan unik.

Beberapa tempat lokasi terbaik yang bisa kamu dan pasangan datangin untuk dijadikan background foto pre-wedding di Hue adalah benteng Hue, terdapat 4 bangunan dan semuanya terbuka untuk umum, kamu dan pasangan hanya perlu membayar tiket masuk dan tidak merusak fasilitas yang ada.

Selain itu ada juga Pagoda Thien Mu yang sudah sangat mendunia, keindahannya tentu harus kamu manfaatkan untuk menjadi salah satu background di foto pre-wedding. Dan jangan lupa juga buat konsep momen manis di atas perahu dengan latar belakang Perfume River, sungai indah sepanjang kota Hue.

Uganda, Afrika

Negara-negara yang ada di Afrika terkenal dengan pemandangan alamnya yang eksotis. Jika kamu dan pasangan memiliki jiwa petualang yang tinggi dan ingin menunjukannya di foto pre-wedding bisa datang ke salah satu negara di benua Afrika, Uganda. Kamu dan pasangan bisa melakukan sesi foto di pantai-pantai indah Uganda, atau pergi ke salah satu taman nasionalnya. Uganda sendiri memiliki 10 taman nasional yang sudah di akui keindahannya oleh dunia.

Selain itu jangan lupa juga mengunjungi Danau Victoria yang merupakan salah satu danau terluas di dunia. Panaroma alam yang dimiliki oleh Danau Victoria dijamin akan membuat tema dan apapun konsep foto pre-wedding kamu menjadi lebih cantik.

Yunani

Kalau kamu dan pasangan adalah pecinta sejarah dan mitologi-mitologi kuno. Yunani adalah pilihan yang tepat. Tidak ada kota tertentu dan spesifik di Yunani yang harus kamu dan pasangan pilih untuk dijadikan sebagai background foto pre-wedding, karena seluruh kota di Yunani memiliki daya tarik tersendiri dan pastinya cocok untuk dijadikan bagian dari foto pre-wedding.

Kaya dengan situs-situs bersejarah jaman romawi kuno, tentu akan menampilkan suasana yang sama sekali berbeda pada setiap foto pre-wedding kamu dan pasangan. Situs-situs arkeologi bersejarah yang bisa wajib kamu dan pasangan kunjungi adalah Parthenon, kuil untuk Dewi Athena yang dibangun pada tahun 447 SM, Delphi Stone Theatre yang digunakan oleh para bangsa Yunani jaman dahulu untuk pertunjukan sandiwara dan musik, sisa-sisa puing istana Knossos yang merupakan bagian penting dari sejarah perdaban di Yunani.

Bandung, Indonesia

Budget tidak cukup untuk keluar negeri? Tidak masalah, Indonesia juga masih punya banyak tempat yang bisa di eksplor untuk dijadikan lokasi foto pre-wedding. Salah satunya Bandung yang sebenarnya telah banyak dikenal sebagai tempat yang banyak memiliki lokasi keren untuk berfoto.

Produk lokal rasa internasional, Bandung banyak menghadirkan lokasi dengan panaroma pegunungan dan sungai yang indah tidak kalah dengan luar negeri punya. Contoh tempat yang cocok untuk kamu dan pasangan cocok dijadikan lokasi untuk foto pre-wedding seperti Kawah Putih, Curug Pengaten, Leuwi Jurig, Lodge Maribaya, Goa Sahyang Tikoro dan Sahyang Poet.

Aceh, Indonesia

Kaya akan kepulauannya yang Indah, Aceh juga cocok dijadikan pilihan utama untuk kamu dan pasangan tidak hanya untuk foto pre-wedding tapi juga berlibur. Tentu saja masing-masing pulau memiliki keindahan dan keunikan sendiri. Setelah mengunjungi keindahan alam dari gugusan pulau-pulau di Aceh ini, dijamin kamu dan pasangan tidak akan kehabisan spot keren untuk berfoto.

Pulau-pulau di Aceh yang harus dikunjungi jika ingin melakukan sesi foto pre-wedding adalah Pulau Weh yang memiliki spot diving terbaik di dunia dengan pemandangan lautnya yang spektakuler, Pulau Bunta dengan pemandangnan tebing dan mercusuarnya yang ikonik dan Pulau Simeulue yang keindahan pantainya berbanding lurus dengan kelezatan kulinernya.

Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Terkenal sebagai destinasi wisata yang eksotis. NTT memiliki banyak tempat-tempat indah yang cocok untuk foto pre-wedding kamu dan pasangan. Apalagi jika mengusung konsep “adventure and dreamy” karena pemandangan matahari terbit dan terbenam disini tidak ada duanya.

Selain itu kamu dan pasangan bisa memanfaatkan dengan menyewa kuda-kuda gagah dan cantik disana sebagai pelengkap foto pre-wedding. Menyusuri pantai saat matahari terbenam dengan kuda pasti akan menimbulkan efek super romantis dengan background pantai Indah pulau komodo.

3. Waktu Keberangkatan

Waktu Keberangkatan
Waktu Keberangkatan

Pilih hari biasa dan bukan musim liburan, pilihan waktu yang tepat akan mempengaruhi hampir semua, mulai dari biaya tiket transportasi, penginapan, bahkan sampai biaya penyewaan perlengkapan fotografi.

4. Rincian Budget dan Tips Hemat

Tips Menyiapkan Budget Foto Pre-wedding Sendiri
Tips Menyiapkan Budget Foto Pre-wedding Sendiri

Agar tidak ada pengeluaran berlebihan ketika akan melakukan sesi foto pre-wedding, kamu dan pasangan wajib melakukan rencana keuangannya terlebih dahulu. Selain untuk menghindari menjadi lebih boros, dengan rencana biaya yang jelas, kamu dan pasangan pun bahkan bisa menjadi lebih hemat lagi.

1. Biaya Sewa Alat Fotografi

Jika kamu tidak memiliki peralatan yang lengkap untuk melakukan foto pre-wedding kamu bisa menyewanya di studio photo yang memang menyediakan fasilitas menyewa peralatan fotografi. Berikut kisaran harga penyewaan peralatan fotografi:

Kamera (Lengkap dengan lensa)

  • Canon DSLR

(Body Only): Rp100.000 – Rp600.000

(Lensa, optional): Rp25.000 – Rp350.000

  • Nikon DSLR

(Body Only): Rp200.000 – Rp600.000

(Lensa, optional): Rp25.000 – Rp350.000

  • Mirrorless

(Body Only): Rp150.000 – Rp450.000

(Lensa, optional): Rp70.000 – Rp250.000

Baterai + Baterai Grip (cadangan) untuk kamera tipe DSLR

  • Canon (Rp30.000 – Rp100.000)
  • Nikon (Rp30.000)

Reflector: Rp25.000 – Rp60.000 (harga sewa dipengaruhi ukuran dan jenis reflector)

Filter: Rp10.000 – Rp100.000

Memory Card: Rp20.000 – Rp40.000

Flash/Lighting: Rp50.000 – Rp400.000

Tripod: Rp40.000 – Rp100.000

Jika dihitung-hitung, untuk penggunaan 3-4 hari kamu dan pasangan harus mengeluarkan biaya sekitar antara Rp1.000.000 – Rp6.000.000. Harga itu tergantung dari penyewaan perbedaan kualitas kamera dan aksesorisnya.

2. Biaya Akomodasi

Dimanapun kamu dan pasangan akan melakukan sesi foto pre-wedding, rencana biaya akomodasi harus tetap di persiapkan, terutama jika kamu melakukannya di luar negeri. Ini dia yang harus dipersiapkan beserta kisaran harganya:

Tiket transportasi (pulang dan pergi)

Jika kamu mencari tempat untuk foto pre-wedding hanya disekitaran tempat tinggal atau hanya keluar kota yang jaraknya tidak terlalu  jauh lebih baik memakai kendaraan pribadi saja, atau menyewa kendaraan (Rp350.000 – Rp500.00 / hari)

Jika keluar negeri kamu dan pasangan setidaknya menyiapkan Rp2 juta sampa Rp4juta untuk penerbangan pulang dan pergi. Agar lebih hemat beli tiket jauh sebelum hari keberangkatan dan jangan memilih waktu keberangkatan saat high season (musim liburan)

Penginapan

Untuk penginapan, pilih tipe penginapan hotel bintang 2 atau 3 saja. Dengan kisaran biaya Rp200.000 – Rp400.000 / malam (Lokal) dan Rp300.000 – Rp600.000 / malam jika kamu memilih lokasinya di luar negeri.

Makanan dan Minuman

Tentu akan lebih hemat jika kamu lansung membeli persediaan makanan di mini market yang ada di sekitar lokasi. Namun jika perlu makanan berat siapakan budget untuk konsumsi kamu dan pasangan sekitar Rp1.000.000 – Rp2.000.000 (untuk 3-4 hari)

Dana Tambahan (Tiket masuk wahana atau kebutuhan darurat)

Kita tidak tau apa yang akan terjadi bisa saja pasangan atau kamu jatuh sakit, kehilangan barang atau bahkan jadi korban pencopetan, jadi jika perlu selalu uang cash sekitar Rp1.000.000 – Rp2.000.000 sebagai pegangan, dan hati-hati dalam meletakannya

3. Sewa Kendaraan (Mobil)

Nah, pasti akan ada banyak barang yang harus kamu bawa dan tentunya akan sangat merepotkan jika kamu dan pasangan hanya akan memanfaatkan transportasi umum. Lebih baik untuk menghindari barang hilang dan rusak karena berbenturan di transportasi umum. Lebih baik kamu menyewa tranportasi saja. Ini dia kisaran harga untuk penyewaan mobil baik untuk kamu dan pasangan keluar kota atau negeri

Siapkan dana sekitar Rp3.000.000 untuk ini (3-4 hari). Tidak ada harga pasti untuk penyewaan mobil, apalagi jika kamu menyewanya di luar negeri tentu perbedaan mata uang akan membuat harga semakin mahal atau murah. Jadi angka di atas bisa dijadikan kisaran kasar untuk biaya yang harus dipersiapkan saat mungkin akan menyewa kendaraan di sana.

Kisaran Modal yang Dibutuhkan

Kisaran Modal yang Dibutuhkan untuk Bikin Foto Pre-wedding Sendiri

Kisaran Modal yang Dibutuhkan untuk Bikin Foto Pre-wedding Sendiri

Jika dihitung-hitung biaya yang bisa kamu dan pasangan keluarkan untuk foto pre-wedding seharusnya tidak mencapai lebih dari Rp10 juta bahkan mungkin bisa lebih hemat lagi dengan pintar memilih hari keberangkatan, memanfaatkan promo kartu kredit, promo tiket pesawat/hotel dan memilih lokasi foto pre-wedding gratisan hingga memilih negara yang memang biaya hidupnya murah.

Bagi kamu yang sudah ada rencana menikah dan ingin memiliki foto pre-wedding yang berkesan nan unik, mulailah siapkan dananya dari sekarang. Tentu biaya Rp10 juta itu relatif murah karena selain untuk foto pre-wedding, kalian juga sekalian liburan bersama. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan menggunakan jasa sebuah wedding organizer atau agensi foto pre-wedding, yang harganya jasanya bisa diatas Rp10jt per paket.

Baca Juga: Sebelum Menikah, Sudahkah Mendiskusikan Urusan Keuangan Ini dengan Pasangan?

Kenang Memori Berharga, Tidak Harus Mahal

Siapa bilang membuat foto pre-wedding harus mahal dan menggunakan konsep mewah. Tentu akan lebih berkesan dan menyenangkan jika kamu dan pasangan yang menentukan sendiri konsepnya, mulai dari tema, kostum, lokasi. Selain lebih hemat foto yang dihasilkan tentu akan lebih memuaskan karena seluruh prosesnya hanya melibatkan kamu dan pasangan.

Baca Juga: Ini Dia Syarat Mengurus Pernikahan WNI dan WNA

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

REDAKSI-MIE

Baca Juga

Komentar