Pilih layanan Musik Streaming, Mana yang Lebih Hemat?

Kamis, 07 Desember 2017 16:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/pilih-layanan-musik-streaming-mana-yang-lebih-hemat courtesy https://www.cermati.com/artikel/pilih-layanan-musik-streaming-mana-yang-lebih-hemat

Musik memang dinilai memiliki daya magis tersendiri bagi pendengarnya, maka tak heran musik bisa dengan mudah mengubah mood seseorang.

Kini tren mendengarkan lagu lewat layanan musik streaming sedang hits-hitsnya. Banyak penikmat musik mulai beralih dari mendengarkan musik lewat file mp3 ke layanan musik straming. Alasannya karena layanan musik streaming dianggap lebih simpel. Pendengar tidak perlu mengunduh terlebih dahulu musik yang ingin didengar pada gadget, tinggal klik lagu yang diinginkan pun bisa dimainkan lewat aplikasi musik streaming. Selain di gadget, aplikasi music streaming ini juga bisa dimainkan di laptop atau PC.

Dengan adanya tren ini, banyak pengembang aplikasi musik streaming berlomba-lomba membuat aplikasinya friendly dan menjadi yang terbaik. Mereka perlahan-lahan mulai melengkapi perpustakaan musik mereka agar semua musik yang diinginkan oleh orang tersedia. Selain itu, mereka juga bersaing menawarkan paket langganan terekonomis untuk pelanggannya.

Hal ini tentu saja menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk memilih platform layanan musik mana yang mereka pilih. Selain karena mendengarkan musik secara online juga butuh koneksi internet yang mana juga butuh biaya internet, mendengarkan musik lewat layanan aplikasi juga membutuhkan biaya langganan. Lalu, manakah aplikasi yang paling terjangkau?

Biaya berlangganan aplikasi music streaming bervariasi mulai dari Rp49.990-73.000 per bulan.

Spotify

spotify musicspotify menjadi salah satu aplikasi streaming musik populer 

Layanan music streaming asal Swedia ini yang populer di masyarakat. Spotifiy diklaim memiliki perpustakaan musik lengkap yang menyediakan musik dari berbagai macam genre, mulai dari pop, rock, jazz, country, folk, punk, metal dan lain sebagainya. Kamu akan dimudahkan untuk menemukan lagu sesuai dengan genrenya pada aplikasi ini karena semuanya sudah dikotak-kotakan.

Untuk menikmati Spotify secara premium, kamu akan dikenakan biaya berlangganan akun sebesar Rp49.990 per bulan, Rp149.970 per tiga bulan, Rp299.940 per enam bulan, dan RP599.880 per tahun. Namun ada juga paket hemat keluarga, yaitu paket sekaligus untuk 5 akun premium. Biaya akun family, yaitu sebesar Rp79.000 per bulan.

Sebenarnya, spotify menyediakan akun regular yang bebas biaya, tapi si pengguna tidak memiliki akses sebebas akun premium untuk mendengarkan musik. Misalnya, pengguna tidak bisa sembarangan memilih lagu di Spotify, karena sistem akan memainkannya secara acak. Selain itu, selama menikmati musik, sistem akan menyisipkan iklan yang tidak bisa di skip sehabis mendengarkan lagu.

Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Mood di Pagi Hari

JOOX

joox musicdengan membagikan lagu JOOX di Facebook, Anda dapat menikmati fasilitas premium sehari

Tak kalah populer, JOOX juga menjadi pilihan generasi milenial menikmati musik lewat layanan streaming. Aplikasi streaming musik usungan Tencent ini juga manawarkarkan kelengkapan perpustakaan musik dan ragam playlist pilihan yang bisa dinikmati oleh pendengarnya.

Sama seperti Spotify, JOOX juga menawarkan akun berbayar dan gratis untuk kamu. Akun berbayar atau dalam JOOX disebut akun VIP. Fungsinya sama dengan layanan akun premium pada Spotify. Kamu akan mendapatkan fasilitas dan akses lebih dibandingkan dengan akun gratisannya, seperti bebas memutar lagu apa saja yang diinginkan. Untuk menikmati akun VIP JOOX kamu cukup membayar Rp49.000 per bulan. Uniknya, bagi pemilik akun reguler, kamu bisa menikmati fasilitas VIP dengan melakukan share satu lagu yang diputar lewat JOOX ke akun Facebook kamu.

Apple Music

apple music on androidApple Music juga bisa dinikmati di Android

Selanjutnya ada Apple Music. Dari namanya saja kamu bisa mengetahui layanan music streaming ini merupakan produk aplikasi dari perusahaan Steve Job, Apple. Beruntung aplikasi ini tidak hanya bisa dinikmati oleh para gadget berlogo apel digigit saja, para pengguna Android juga dapat mengunduh aplikasi ini ke gadget mereka.

Mengandalkan daftar putar dari iTunes, Apple musik dipenuhi beragam musik populer dari mancanegara maupun dalam negeri yang siap menyegarkan telinga pendengarnya. Selain itu, kurator tamu juga ikut serta melengkapi perpustakaan musiknya. Untuk berlangganan premium aplikasi ini dikenakan biaya Rp69.000 per bulan untuk per orangan dan Rp109.000 untuk fasilitas keluarga ( 6 akun).

Deezer

deezer musicdownload Deezer music pada ponsel Anda

Sebelum Spotify dan JOOX, Deezer lebih dahulu hadir untuk menemani kuping orang Indonesia dengan deretan lagu siap streaming. Aplikasi asal Perancis ini memiliki fitur khusus yaitu bisa memainkan musik-musik yang biasa kamu dengarkan dengan mengklik tombol Play. Sistem dengan sendirinya akan menyortir lagu apa saja yang kamu suka dan yang tidak suka berdasarkan alogaritma mereka.

Perpustakaan musik Deezer juga terkenal lengkap, ada lebih 30 juta lagu bersarang di dalamnya. Untuk menikmati fasilitas langganan Deezer, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp73.000 per bulan untuk per orangan. Tidak usah khawatir, Deezer juga menyediakan akun reguler yang free alias gratis. Namun akun gratisan ini dibatasi hanya bisa mendengarkan musik selama 2 jam per harinya.

Baca Juga: Inilah Karakter Keuangan Setiap Generasi, Anda Termasuk yang Mana?

Ohdio.fm

ohdio.fm Ohdio.fm layanan music streaming karya anak bangsa via wordpress.com

Dalam tanah air, ada Ohdio.fm yang bisa jadi pilihan. Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi radio online yang menyediakan beragam lagu untuk di dengan. Aplikasi karya anak bangsa ini hanya menyediakan musik-musik lokal. Ini cocok untuk kamu yang suka mendengarkan lagu-lagu Indonesia dari artis kesayanganmu.

Tidak ada biaya yang dibebenkan untuk berlangganan aplikasi ini. Semuanya gratis tanpa syarat apapun. Namun sayangnya lagu pada Ohdio.fm tidak bisa diunduh, jadi musik tidak bisa didengarkan saya gadget tidak terkoneksi dengan jaringan internet.

Cara Bayar Langganan Music Streaming

Hadirnya aplikasi layanan music streaming membuat para penikmat musik sejati senang. Pasalnya, mereka tidak perlu repot membeli kaset ada CD penyanyi atau band favorit mereka. Semuanya hadir lewat satu aplikasi yang menyajikan hampir semua lagu yang mereka inginkan.

Maka tidak heran jika mereka tak segan untuk membayar sejumlah uang untuk berlangganan aplikasi music streaming karena dinilai lebih hebat dibandingkan membeli lagu dalam bentuk fisik. Cara membayar langganan musik streaming ini pun beragam, bisa dengan transfer ATM, kartu kredit, hingga potong pulsa kartu prabayar.

 

Mau Sangat Hemat? Nikmati Fasilitas Gratisan dari Setiap Aplikasi.

Jika dirasa biaya langganan fasilitas music streaming cukup menguras uang bulanan kamu, nikmati saja fasilitas aku reguler dari setiap aplikasi. Kamu tidak akan mengeluarkan uang sama sekali untuk itu, tapi, ya fasilitasnya terbatas. Tidak semua lagu bisa didengarkan. Namunitu lebih baik daripada mengunduh lagu dari internet secara ilegal.

Baca Juga: Manfaat Ekonomis Kartu Kredit Bagi Generasi Millenial

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

REDAKSI-MIE

Baca Juga

Komentar