Jangan terlena dengan internet

Sabtu, 30 September 2017 12:15

Anton S. Setyawan saat memaparkan presentasi materi dalam Seminar 'Keamanan Dalam Bisnis Online' Anton S. Setyawan saat memaparkan presentasi materi dalam Seminar 'Keamanan Dalam Bisnis Online'

Dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi terutama internet, pengetahuan merupakan hal wajib yang harus dimiliki bagi setiap user (pengguna) dalam berselancar di dunia maya.

Menurut Anton S. Setyawan, Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Lembaga Sandi Negara, kesadaran haruslah dimiliki user sebelum memulai transaksi online. Edukasi bagi para user tersebut, merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah maupun pelaku bisnis online.

Anton mengatakan, kebanyakan user di Indonesia kerap terlena dan tidak mementingkan informasi pribadi saat mendapatkan barang belanjaan seusai melakukan pembelian secara online.

“Seusai belanja online, saat barang datang, barang kita ambil lalu bungkusnya kita buang. Padahal di dalam kardus itu terdapat alamat lengkap, nomor telepon, nama, bahkan terdapat form pengembalian barang,” paparnya.

Ia menambahkan, bahwa sebenarnya itu adalah hal penting yang seharusnya dijaga. Setiap proses dalam melakukan pengisian data dan yang berhubungan dengan informasi pribadi harus dilakukan dengan hati-hati.

REDAKSI-FRY

Baca Juga

Komentar