Bisnis online, jaga informasi pribadi

Sabtu, 30 September 2017 10:12

Agar tidak tertipu maraknya penipuan dalam bisnis dunia online, nyatanya tidak hanya dilakukan oleh penjual, namun penipuan juga marak dilakukan oleh pembeli. Memang, penjual yang lebih kerap melakukan tindak penipuan namun tidak sedikit pula pembeli 'nakal' yang kerap melakukan penipuan.

Demikian diungkapkan Yasa Singgih, Founder Men's Republik, salah satu pembicara seminar Elshinta yang mengangkat tema 'Keamanan Dalam Bisnis Dunia Online', di Wisma Indocement Jakarta, Sabtu (30/9).

Selain menghadirkan Yasa, seminar juga menghadirkan Herlin Dwi Yudiandari dari Jogja Camp; Anton S. Setyawan, Kepala Balai Sertifikasi Elektronik Lembaga Sandi Negara; Arianto S. Setyawan, Divisi Enterprise Service PT. Telkomsel; dan Lie Heng, Commercial Direktor PT Synnex Metrodata Indonesia.

Kejahatan internet nyatanya juga dapat terjadi karena kelalaian para pembeli yang tidak mengetahui arti pentingnya informasi pribadi yang harus dijaga.

Adapun informasi pribadi tersebut antara lain email, nomor telepon, dan informasi berbasis online lainnya

"Dengan memberikan nomer telepon dan email saat melakukan sebuah registrasi, itu berarti sudah melepaskan informasi pribadi dan informasi pribadi tersebutlah yang nantinya bisa disalahgunakan untuk jadi sumber kejahatan internet. Jadi mulai sekarang harus berhati-hati saat hendak melakukan sebuah registrasi," kata Arianto S. Setyawan dari Divisi Enterprise Service PT. Telkomsel.

Penulis: Fransiskus Yuno

Editor: Dewi Rusiana

REDAKSI-FRY

Baca Juga

Komentar