Yang Jiechi Temui Rex Tillerson

Rabu, 13 September 2017 22:00

Anggota Dewan Negara Tiongkok, Yang Jiechi mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika, Rex Tillerson di Washington DC, pada Selasa (12/09) kemarin.

Yang Jiechi menunjukkan, tren baik perkembangan hubungan Tiongkok-Amerika sesuai dengan kepentingan bersama kedua negara, dan juga merupakan keinginan bersama masyarakat internasional. Dengan dipimpin oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Amerika Donald Trump, hubungan Tiongkok-Amerika telah mencapai kemajuan penting dan positif dalam beberapa tahun terakhir. Kedua pihak hendaknya dengan sebaik-baiknya mengimplementasi kesepahaman penting pemimpin kedua negara, saling menghormati, saling menguntungkan, memfokuskan kerja sama dan mengontrol perselisihan, dalam rangka menjamin hubungan Tiongkok-Amerika berkembang secara sehat dan stabil.

Yang Jiechi menyatakan, Presiden Donald Trump akan mengadakan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok dengan memenuhi undangan Presiden Xi Jinping. Tiongkok bersedia melakukan upaya bersama dengan Amerika untuk mendorong kunjungan itu mencapai hasil positif. Kedua pihak hendaknya menjalin komunikasi pada level tinggi dan berbagai tingkat, dengan sebaik-baiknya menyelenggarakan dialog mekanisme. Kedua pihak hendaknya memperluas kerja sama yang saling menguntungkan di berbagai bidang dan memperluas komunikasi antar masyarakat dan antar daerah. Kedua pihak hendaknya saling menghormati kepentingan inti dan keprihatinan penting, mengontrol perselisihan melalui jalur kontruktif. Kedua pihak hendaknya pula meningkatkan koordinasi dan kerja sama mengenai masalah internasional dan regional yang penting.

Rex Tillerson menyatakan, Amerika bersedia bersama dengan Tiongkok untuk memajukan hubungan Tiongkok-Amerika. Presiden Donald Trump sangat menantikan kunjungan kenegaraannya ke Tiongkok pada tahun ini, dan bersedia bersama dengan Presiden Xi Jinping untuk merancang masa depan hubungan Amerika-Tiongkok. Amerika bersedia bersama dengan Tiongkok untuk menyelenggarakan Dialog Diplomasi dan Keamanan serta Dialog Ekonomi Menyeluruh putaran pertama, memperdalam kerja sama di berbagai bidang, meningkatkan komunikasi dan koordinasi mengenai masalah internasional dan regional, menjamin kunjungan Presiden Donald Trump ke Tiongkok dapat mencapai hasil, dalam rangka memajukan lebih lanjut hubungan Amerika-Tiongkok.

REDAKSI-MIE

Baca Juga

Komentar