Polres Kudus gelar pengobatan gratis di desa rawan bencana

Rabu, 13 September 2017 21:12

Foto: Sutini Foto: Sutini

Ratusan warga Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah berbondong-bondong mendatangi balai desa setempat untuk mengikuti pengobatan gratis yang digelar oleh Polres Kudus, Rabu (13/9). 

"Dipilihnya desa ini menurut pihak Polres karena beberapa alasan seperti minimnya sarana dan prasarana kesehatan, berada didaerah rawan bencana serta jauh dari jangkauan kegiatan kepolisian," kata Kepala Kepolisian Resor (Polres) Kudus, Jawa Tengah, Agusman Gurning kepada Kontributor Elshinta, Sutini.

Untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, berbagai upaya terus dilakukan diantaranya dengan menggelar kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) berupa pengobatan gratis, dan pemberian alat bantu jalan (kruk), maupun kursi roda bagi warga Desa Rahtawu yang mengalami kelumpuhan.

"Kami gelar kegiatan ini di Desa Rahtawu agar masyarakat disini bisa dekat dengan polisi, sehingga masyarakat dapat membantu tugas polisi dalam mengamankan wilayah maupun menegakkan hukum," ujarnya.

Selama ini hampir 80 persen kegiatan kepolisian dilakukan diperkotaan, makanya kali ini digelar di desa yang cukup jauh dari kota.

Untuk menuju ke Desa Rahtawu, kondisinya sangat rawan laka lantas, sehingga diperlukan adanya kegiatan sosialisasi di Rahtawu oleh jajaran Satlantas maupun Satbinmas.

"Kami minta tidak hanya Polsek yang mengkafer, tetapi layanan SIM keliling harus juga diarahkan ke Kecamatan Gebog biar kesadaran tertib berkendara dilereng-lereng gunung meningkat," pungkasnya.

Kapolres menambahkan, terkait kegiatan baksos pihaknya ingin berbaur dengan masyarakat sebagai bentuk kepedulian, apalagi Desa Rahtawu masih minim tenaga medis karena hanya ada satu bidan yang harus melayani ribuan warga. Dengan adanya baksos ini diharapkan bermanfaat bagi warga. 

"Silahkan periksa secara gratis kesemua dokter dan perawat dari RS Mardi Rahayu yang kami bawa, sampaikan keluhan penyakit yang dialami biar tidak usah ke kota," tukasnya.

Kegiatan yang merupakan serangkaian acara HUT Lalu Lintas ke 62, HUT Polwan ke 69, dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 65, ternyata mendapatkan antusias dari warga. Bahkan para warga mengungkapkan rasa kegembiraannya dapat berobat gratis tidak harus ke kota.

Salah satu warga, Tumini (78) mengaku senang dapat memeriksakan matanya yang mengalami katarak serta diberikan resep dan obat oleh dokter.

Kades Rahtawu, Sugiyono menyampaikan, warga desanya yang merupakan para petani jarang mendapatkan bantuan pengobatan, makanya mereka antusias mengikuti kegiatan yang digelar oleh Polres Kudus.

Diakhir acara, Kapolres dengan didampingi Pejabat Utama Polres, Ketua Bhayangkari Cabang Kudus dan tim medis dari RS Mardirahayu memberikan bantuan dua buah kursi roda dan empat buah kruk untuk warga Rahtawu yang membutuhkan.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

REDAKSI-ANK

Baca Juga

Komentar