Nunukan gelar pilkades serentak 25 September

Rabu, 30 Agustus 2017 21:38

Foto: Redaksi. Foto: Redaksi.

Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menggelar pemilihan kepala desa serentak pada 25 September 2017.

Pilkades tersebut akan digelar pada 13 desa dari 232 desa di Kabupaten Nunukan karena masa jabatannya segera berakhir, kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Nunukan, Dyah Lestari, Rabu (30/8).

Ia menyebutkan, pilkades yang diselenggarakan pada 13 desa ini adalah sisa dari pilkades serentak terakhir sebelum 2021. Sebab desa lainnya telah digelar pilkades sebelumnya.

Hanya saja, Dyah Lestari belum mendapatkan kepastian dari pemerintah pusat soal masa jabatannya kades hasil pilkades nantinya. Sebagaimana informasi yang diperoleh sebelumnya masa jabatan kades hanya empat tahun.

Pelaksanaan pilkades serentak pada 13 desa di daerah itu masih terkendala anggaran sehingga menunggu pengesahan APBD perubahan 2017.

Pada RAPBD perubahan 2017 ini, DPMD Kabupaten Nunukan mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp200 juta karena dana sebelumnya sebesar Rp636 juta belum mencukupi.

Kepala Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebatik Timur, Haji Hamzah membenarkan, desanya ikut pilkades pada 25 September 2017 karena masa jabatannya segera berakhir.

Ia mengaku, dirinya masih ikut bertarung pada pilkades nantinya bersama dua calon lainnya. "Saya ikut lagi pilkades kali ini. Calon kades di Desa Tanjung Harapan kali ini sebanyak tiga orang," kata dia.(Ant)

REDAKSI-SIK

Baca Juga

Komentar